Home / Barra Smart

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 20:31 WIB

Tenggorokan Anak Tersangkut Tulang Ikan.?Ini 5 Cara Paling Mudah Mengatasinya.

 

Barrasumsel.Com_NET

Yang namanya anak-anak, mereka biasanya akan memasukkan apa saja dalam mulutnya. Termasuk ketika makan dengan ikan, mereka bahkan belum tahu kalau durinya bisa menyakitinya seperti saat tersangkut di tenggorokan. Hal ini tentunya membuat Moms panik juga, kan? Saat anak udah bisa melakukan kegiatan sendiri tentunya menjadi kebanggaan tersediri bagi orang tua. Seperti halnya ketika anak bisa makan sendiri tanpa harus disuapin.

Meski anak udah bisa melakukan apa-apa sendiri, Moms tetap harus mengawasinya termasuk ketika ia makan. Setiap orang tua pasti ingin memberikan gizi yang cukup untuk anaknya, termasuk makan ikan. Namun, Moms perlu tahu kalau nggak semua anak bisa makan tanpa tersedak durinya. Ini biasanya akan tersangkut dan anak jadi nggak nyaman. Moms nggak perlu khawatir lagi karena Mamin akan berbagi tips untuk mengatasinya.

Inilah cara paling mudah mengatasi tulang ikan tersangkut pada anak;

1.Menggunakan minyak zaitun. Sebagai pelumas alami yang akan membantu mengatasi anak tersedak duri ikan

Sumber: Healthline

Kegunaan minyak zaitun memang nggak perlu diragukan lagi. Moms juga bisa memanfaatkan minyak zaitun saat si kecil tersedak duri ikan. Caranya adalah dengan memberikan 1 sendok minyak zaitun dan meminumkannya. Ini akan melapisi tenggorokan agar mudah mengeluarkan duri ikan.

Baca juga  Pertamina Pendopo Siap Bantu Perbaikan Jembatan Rusak Desa Semangus

2.Memakan marshmallow. Rasa lengketnya akan membawa duri ikan “pergi” dari tenggorokan

Photo by Tembela Bohle from Pexels

Siapa sangka kalau bentuknya yang lengket dan manis ini bisa mengatasi tersedak yang disebabkan oleh duri ikan. Moms hanya perlu meminta anak untuk mengunyahnya, maka perlahan akan membawa tulang ikan tersebut masuk ke perut.

3.Meminum air garam. Air garam hangat akan membantu melarutkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan

Photo by Artem Beliaikin from Pexels

Moms bisa menambahkan sedikit garam pada segelas air hangat. Kemudian bisa langsung memberikannya pada si kecil. Tapi, ingat ya Moms, jangan terlalu banyak meminumkannya.Cukup sedikit saja tulang ikan akan larut kok. Tenggorokan jadi terasa lega.

4.Menelan potongan pisang. Teksturnya yang agak keras dan lengket ternyata mampu mengatasi tulang ikan yang “nyangkut” di tenggorokan

Baca juga  Tingkatkan kualitas Pelayanan Publik,Pemkab PALI Gelar Bimbingan Teknis SP4N

Photo by Vanessa Loring from Pexels

Dilansir dari Healthline, pisang memiliki tekstur legit yang mampu meraih tulang ikan dan menarik ke dalam perut. Moms bisa memberikan sepotong pisang untuk anak. Dengan mengunyahnya secara perlahan nanti akan membantu melancarkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan.

5.Meminta anak untuk batuk. Jika hanya tersedak tulang ikan yang kecil, maka bisa diatasi dengan meminta anak batuk

Sumber: haibunda.com

 

Jenis ikan tentunya juga berpengaruh dengan bentuk tulangnya. Ada jenis ikan yang tergolong memiliki jenis duri yang kecil dan tipis sehingga mudah diatasi hanya dengan batuk. Moms bisa meminta anak untuk batuk yang kuat agar duri ikan mulai bergerak dan tenggorokan bisa kembali nyaman.

Mengalami duri ikan yang tersangkut di tenggorokan ternyata nggak hanya dialami anak yang makan sendiri. Tanpa sadar, ketika Moms menyuapi anak juga bisa terjadi lantaran lalai. Untuk itu, Moms harus berhati-hati dan memastikan duri udah hilang sebelum memberikannya pada anak. Semoga cara alami ini bisa membantu ya. Moms!(NET)

Share :

Baca Juga

Barra Smart

Satlantas Polres PALI Sosialisasi Berlalu Lintas kepada anak- anak 

Barra Smart

Yusri Qolbi S.Kom Kades Kota Baru Resmi di Lantik

Barra Smart

Pertamina Pendopo Berikan Bantuan Pipa di Desa Semangus

Barra Smart

MENUMBUHKAN KEMBALI NUANSA ISLAMI di BULAN SUCI RAMADHAN //* Koramil Talang Ubi Gelar Festival Seni Islami

Barra Smart

Tingkatkan Mutu Tahu, Disperindag PALI Gelar Pelatihan Pengolahan Tahu

Barra Smart

Did You Know Your Eye Makeup Could Be Making You Sick?

Barra Smart

Dinas Lingkungan Hidup PALI Gelar Pembinaan Sekolah Adiwiyata

Barra Smart

BADAR PALI bagi- bagi beras berkualitas dari petani lokal