Home / DAERAH / PALI / SUMSEL

Rabu, 17 Januari 2024 - 06:57 WIB

SKK Migas Desak Pertamina Adera Ganti Pipa Tua, Karena Sudah Sering Terjadinya Kebocoran 

foto/teks: lokasi kebocoran pipa dipemukiman warga desa benuang(net)

PALI, BARRASUMSEL .COM- SKK Migas menyebut bahwa telah terjadi beberapa kali kebocoran pada pipa minyak milik Pertamina Hulu Rokan (PHR) Region 1 Zona 4 atau Pertamina Adera.

Hal itu diungkapkan Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagsel, Safe’i, melalui rilis yang disampaikan SKK Migas, Selasa 16 Januari 2024.

“Dengan beberapa kejadian kebocoran yang telah terjadi yang diakibatkan oleh usia atau umum reliability pipa, maka SKK Migas Perwakilan Sumbagsel meminta PHR Regional 1 Zona 4 untuk segera mengajukan AFE kepada SKK Migas Pusat guna pergantian pipa dan fasilitas produksi yang sudah tua atau tidak handal,” terang Safe’i.

Dikatakan Safe’i, bahwa penggantian pipa tersebut juga sebagai upaya untuk mengantisipasi isu sosial, lingkungan juga adanya potensi LPO serta buruknya persiapan, jika terjadi kebocoran kembali di kemudian hari.

Baca juga  Wujud Rasa Peduli Kapolres dan Pemkab PALI Kunjungi Perkemahan Saka Bhayangkara Di Gandus Sumsel

“Pada kesempatan ini kami juga ingin mengucapkan terimakasih atas peran masyarakat dan pemerintah daerah setempat yang begitu responsif terhadap kejadian ini sekaligus juga sangat kooperatif mendukung penanganan kejadian yang dilakukan oleh Pertamina,” imbuhnya.

Dari laporan yang diterima SKK Migas, Safe’i menyatakan, bahwa sudah dilakukan tindakan penanganan.

“Menghentikan pemompaan pada jalur SP Benuang – PPP Pengabuan. Melakukan pemasangan snake boom untuk mengisolasi kebocoran, menyedot cairan yang keluar dengan menggunakan vacuum truck, serta melakukan pembersihan di lokasi kebocoran, titik kebocoran sudah dipasang clamp sementara dan selanjutnya akan dilakukan pergantian pipa baru dengan metode penyisipan pipa,” terangnya.

Terkait penanganan dampak pasca kejadian, diakui Safe’i tim Adera dan Relation telah berkoordinasi dengan stakeholder serta masyarakat sekitar terkait penanganan dampak kejadian tersebut.

Baca juga  Devi Harianto Tidak Maju Pileg,Nyatakan Siap Maju Pilkada PALI 2024 

“Mempercepat penanggulangan agar operasi kembali normal,” timpalnya.

Safe’i juga menyatakan, bahwa sejak diterimanya informasi pecahnya pipa milik Adera, tim SKK Migas Sumbagsel juga terus melakukan koordinasi dengan pihak PHR Zona 4.

“Kami atas arahan Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, sejak diterimanya laporan itu terus melakukan koordinasi baik dengan tim Operasi di Lapangan maupun tim Comrel PHR Zona 4,” jelasnya.

Ditambahkan Safe’i, Koordinasi dilakukan untuk memantau perkembangan kejadian dan penanganannya.

Selain melakukan komunikasi dan koordinasi secara online, SKK Migas Sumbagsel juga sigap mengirimkan personil untuk memantau secara langsung perkembangan dilapangan,” ucapnya.

Safe’i juga mengharapkan agar penanganan ini dapat segera tuntas sehingga tidak ada lagi kekhawatiran yang dirasakan masyarakat sekitar.

“Kami mengharapkan agar tim di lapangan tetap mengedepankan unsur safety dalam bekerja,” tutupnya.(RED)

Share :

Baca Juga

Barra Smart

Desa Talang Bulang ,Salah Satu Desa Dapatkan Satu Unit Motor Dari BanGub

Ekonomi

Sulap Lokasi Remaja Mabuk Obat Batuk Cair jadi Camping Ground di kawasan Simpang Lima Kabupaten PALI 

PALI

Dinkes PALI Gelar Pelatihan Pembinaan dan Pengawasan SDM Nakes 

DAERAH

VIRAAL.!!Atap Rumah Sakit Pratama Tanah Abang Porak Poranda di Sapu Angin Kencang

Insfiratif

Enam Personil Polres PALI Dapat Piagam Penghargaan

Insfiratif

Peduli Kaum Dhuafa Mata Peduli dan PBB PALI Bagikan Puluhan Paket Sembako

DAERAH

Rumah Hunian Murah Pemkab PALI Dukung Pembangunan Perumahan Griya PALI Indah

Barra Smart

Gandeng IWO, Medco E&P Gelar Sosialisasi Usaha Hulu Migas di Talang Ubi