Home / PALI

Selasa, 16 Agustus 2022 - 21:00 WIB

Semua Hanya Fitnah, Tidak Ada Pungli dan Pemotongan Honor Guru

Foto/teks:kepala sekolah SD N 6 Erna saat diminta klarifikasi oleh dinas pendidikan kabupaten Pali

BARRASUMSEL.COM_PALI_Terkait viralnya postingan dimedia sosial Facebook di salah satu grup yang di-posting atas nama akun Facebook Rina putri, postingan Yang mengatakan adanya dugaan pungutan liar yang dilakukan oknum kepala sekolah SD negeri 6 Tanah Abang, Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI.

Yang melakukan pungli terhadap guru non ASN yang mengurus administrasi berkas rekap kependidikan guru honor yang diminta uang sebesar Rp 50.000 perorang oleh oknum kepala sekolah dengan alasan uang akan digunakan untuk memberi upah tanda tangan kepala sekolah, untuk ongkos dan makan kepala sekolah ke dinas pendidikan, serta untuk memberi amplop ke dinas.

Selain itu postingan akun Rina putri juga menjelaskan oknum kepala sekolah memerintahkan guru non ASN muatan lokal dibolehkan untuk masuk kerja selama tiga hari dalam sepekan, namun, uang honor akan dipotong.

Menanggapi hal tersebut, kepala SD Negeri 6 tanah Abang,Erna dikonfirmasi saat memberikan klarifikasi resmi di dinas pendidikan Selasa.(16/08/22) sore menjelaskan bahwa semua penjelasan yang ada dalam postingan Facebook akun Rini putri tidak semua benar, yakni pihaknya membantah keras dan menyakini semuanya adalah fitnah oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga  Ajang Kejurnas Off-road PALI Berkah Rezeki Pelaku Usaha

Erna menjelaskan bahwa memang benar ada 13 guru non ASN yang melakukan pengurusan berkas kependidikan ke dinas pendidikan dan mereka sengaja secara pribadi bersama sama tanpa ada paksaan dan tekanan sepakat memberikan uang sebesar Rp. 50.000 untuk uang biaya pengurusan berkas untuk fotocopy atau scan dan terkait adanya perintah masuk kerja bagi guru mulok tiga hari sepekan itu tidak benar hanya melainkan sebuah wacana yang belum disepakati.

“Semua yang ada dalam postingan di grup Facebook Idak benar galo dek, semua guru non ASN kompak ngumpulin duet (uang) Rp 50.000 untuk biaya fotocopy dan scan, serta termasuk adanya potongan honor guru Idak mulok yang masuk tiga hari dari perintah kepala sekolah, galo2 Idak benar, Ado bukti klarifikasi semua guru yang ngatoke Idak benar itu dan jelas fitnah itu,” tegas erna

Baca juga  Pimred Linksumsel.co.id Resmi Laporkan Kades Tanjung Kurung

Terkait viralnya postingan di Facebook, dinas pendidikan kabupaten Pali angkat bicara.

kepala dinas pendidikan kabupaten Pali, didampingi Kabid guru dan tenaga kependidikan kabupaten Pali, Arie Yulita menjelaskan bahwa pihaknya tidak memerintahkan atau menerima pemberian uang dari semua guru non ASN yang mengurus administrasi berkas rekap kependidikan di dinas pendidikan dan terkait adanya perintah kepala sekolah yang bakal memotong honor guru mulok dan hanya dibolehkan masuk kerja tiga hari dan pihaknya sudah mengkonfirmasi ke kepala sekolah bahwa hal itu hanyala sebuah wacana yang belum disepakati bersama, namun, dinas pendidikan kabupaten Pali menyatakan bahwa guru diwajibkan mengajar selama 32 jam dalam sepekan.

“ soal pungutan iuran administrasi pengurusan berkas guru non ASN sudah dijelaskan kepala sekolah itu hanya kesepakatan bersama antar guru dan potongan honor guru mulok hanya tiga kali masuk sepekan hanya sebuah wacana, jika semua terjadi itu tidak dibenarkan, “, tegas Arie Yulita.(BR)

Share :

Baca Juga

PALI

Keluarga Almarhum Paridin Ucapkan Terimakasih ke Polres PALI 

PALI

Empat Prioritas Daerah Di Tahun 2023

Barra Smart

Gandeng IWO, Medco E&P Gelar Sosialisasi Usaha Hulu Migas di Talang Ubi

DAERAH

Bupati PALI Peduli.!! Heri Amalindo di Daulat Jadi Pembicara Seminar Kelestarian Mangrove Oleh GPFP Universitas Muhammadiyah Palembang

PALI

Tetap Semangat Ditengah Pandemi, Paskibraka PALI Sukses Kibarkan Sangsaka Merah Putih

Barra Smart

Dinas Pendidikan PALI Gelar Pelatihan Pembelajaran Interaktif Berbasis SAC

DAERAH

Asgianto ST Gelar Reses di Kecamatan Talang Ubi Serap Aspirasi Masyarakat

Insfiratif

Akan Membangun Daerah.!! Junaidi Anuar Caleg Gerindra, Siap Tampung Aspirasi Masyarakat