Home / PALI

Rabu, 18 Agustus 2021 - 19:41 WIB

Rugikan Negara 3,5M Tiga Tersangka Normalisasi Sungai Abab Ditahan di Lapas II B Muara Enim

Barrasumsel.Com_PALI

Ditahan oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten PALI, Tiga tersangka Normalisasi Sungai Abab, yakni R, J, dan SR langsung dibawa dan dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) II B Muara Enim, Rabu (18/8/2021).

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten PALI, Agung Arifianto didampingi Kasi Intel Zulkifli membenarkan ketiga tersangka yang sudah dibawa ke Lapas II B Muara Enim, Rabu sore.

Dikatakan Kajari PALI, bahwa penahanan ketiga tersangka di Lapas II B muara Enim akan dilakukan selama 30 hari ke depan.

Pihaknya terus mendalami kasus dugaan korupsi pada pekerjaan Normalisasi Sungai Abab, yang menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 3,5 Milyar.

“Ketiganya dibawa ke Lapas Muara Enim, selama 30 hari ke depan. Untuk proses pelimpahan ke pengadilan, InsyaAllah akan dilakukan dalam waktu dekat,” jelas Kajari PALI.

Diakui Kajari, bahwa telah ada itikad baik dari tersangka R, yang sudah mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 1 Milyar. Dimana, beberapa waktu lalu telah menyetor ke kas daerah sebesar Rp 500 juta, dan kemudian pada hari ini, Rabu pagi kembali menyetor ke kas daerah sebesar Rp 500 juta.

Baca juga  Dinas kesehatan PALI Gelar Lomba Balita Sehat Indonesia Tingkat Kabupaten

“Tersangka R sebagai pelaksana pekerjaan yang sudah beritikad baik menitipkan uang pengganti. Sebelumnya telah ditransfer ke kas daerah sebesar Rp 500 juta. Jadi total titipan uang pengganti dari saudara R berjumlah Rp 1 milyar,” ujar Kajari.

Ditambahkan Kasi Pidsus Kejari PALI Purnomo, bahwa titipan uang pengganti itu langsung dititipkan kembali ke Bank Mandiri yang kemudian akan kita setorkan ke kas daerah melalui Bank SumselBabel.

“Untuk tenggat waktu pengembalian uang pengganti sampai persidangan selesai. Jadi sebelum ada putusan pengadilan itu masih diperkenankan mengembalikan kerugian negara karena itu berdampak pada masa hukuman itu sendiri, apabila tersangka mengembalikan kerugian negara jadi pertimbangan pada persidangan,” terang Purnomo.

Diakui Purnomo bahwa Kejari PALI menelusuri aset-aset tersangka. “Saat ini kita menelusuri aset tersangka guna menutupi kerugian negara yang ditimbulkan akibat kegiatan itu,” tandasnya.

Baca juga  PPNI PALI Terima Bantuan Mobil Dinas Dari Bupati Heri Amalindo 

Sementara itu, Tabrani kuasa hukum tersangka R bahwa kliennya kooperatif mengikuti aturan hukum dan memiliki rasa tanggung jawab dengan beritikad baik mengembalikan atau menitipkan uang pengganti.

“Itikad baik klien kami sebenarnya jauh-jauh hari telah dilakukan dengan menyetor atau menitipkan uang pengganti. Upaya kita saat ini tetap kooperatif. Untuk tenggat waktu pengembalian kerugian negara, pihak penyidik memberikan ruang dan kami tetap melakukan upaya persuasif karena klien kami belum terbukti menjadi pelaku yang mengakibatkan kerugian negara. Nanti di pengadilan akan dibuktikan,” katanya didampingi Novan Fadli.

Terkait penahanan tersangka R yang dibawa ke Lapas II B Muara Enim, Tabrani tetap menghormati proses hukum yang berlaku. “Masalah benar atau tidak, kan ada asas praduga tak bersalah. Tentunya kami akan menyiapkan upaya-upaya pembelaan di tahapan persidangan nanti. Apakah memang benar klien kami melakukan kesalahan seperti yang disangkakan,” pungkasnya. (Pd)

Foto: ketiga tersangka saat dibawa ke mobil untuk dikirim ke Lapas II B Muara Enim

Share :

Baca Juga

Nasional

Optimis Raih Kursi DPRD PALI.!! DPC PPP PALI Siap Menyuarakan Kepentingan Rakyat Dan Memperjuangkan Umat

Barra Smart

Rio Malan SE Bacaleg Gerindra Dapil 1A Siap memberikan yang Terbaik Untuk Masyarakat PALI

Ekonomi

Bangkitkan Semangat Baru.!! Edisi “Emak-Emak ” Partai Gelora Indonesia PALI Gelar Mancing Ikan Gratis

Insfiratif

Polres PALI Nobar Film Sayap-sayap Patah *Ini Pesan Efrannedy: ambil pesan positifnya jadikan Motivasi untuk rekan-rekan dalam melaksanakan tugas sebagai polisi

Familly

16 Pejabat Struktural PALI di Lantik, Satu di Antaranya Jaksa Madya Kejati Sumsel Sebagai Pejabat Struktural Sekretaris Inspektorat

Nasional

Tidak Targetkan Banyak Kursi.!! Yang Penting Sama Sama Berjuang dan Ada Perwakilan di Kursi DPRD PALI 

Insfiratif

Putri Remaja dan Putri Anak Kabupaten PALI Siap Berkompetisi di Tingkat Provinsi 

PALI

PU TR PALI Lalai Dalam Pengawasan Gedung Kelurahan Talang Ubi Timur Tanpa Plang Informasi