Home / PALI

Rabu, 18 Agustus 2021 - 19:41 WIB

Rugikan Negara 3,5M Tiga Tersangka Normalisasi Sungai Abab Ditahan di Lapas II B Muara Enim

Barrasumsel.Com_PALI

Ditahan oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten PALI, Tiga tersangka Normalisasi Sungai Abab, yakni R, J, dan SR langsung dibawa dan dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) II B Muara Enim, Rabu (18/8/2021).

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten PALI, Agung Arifianto didampingi Kasi Intel Zulkifli membenarkan ketiga tersangka yang sudah dibawa ke Lapas II B Muara Enim, Rabu sore.

Dikatakan Kajari PALI, bahwa penahanan ketiga tersangka di Lapas II B muara Enim akan dilakukan selama 30 hari ke depan.

Pihaknya terus mendalami kasus dugaan korupsi pada pekerjaan Normalisasi Sungai Abab, yang menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 3,5 Milyar.

“Ketiganya dibawa ke Lapas Muara Enim, selama 30 hari ke depan. Untuk proses pelimpahan ke pengadilan, InsyaAllah akan dilakukan dalam waktu dekat,” jelas Kajari PALI.

Diakui Kajari, bahwa telah ada itikad baik dari tersangka R, yang sudah mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 1 Milyar. Dimana, beberapa waktu lalu telah menyetor ke kas daerah sebesar Rp 500 juta, dan kemudian pada hari ini, Rabu pagi kembali menyetor ke kas daerah sebesar Rp 500 juta.

Baca juga  Meriahkan HUT RI ke 77 PemDes Talang Bulang, Serahkan mobil Ambulance Desa dan Gelar Berbagai Perlombaan 

“Tersangka R sebagai pelaksana pekerjaan yang sudah beritikad baik menitipkan uang pengganti. Sebelumnya telah ditransfer ke kas daerah sebesar Rp 500 juta. Jadi total titipan uang pengganti dari saudara R berjumlah Rp 1 milyar,” ujar Kajari.

Ditambahkan Kasi Pidsus Kejari PALI Purnomo, bahwa titipan uang pengganti itu langsung dititipkan kembali ke Bank Mandiri yang kemudian akan kita setorkan ke kas daerah melalui Bank SumselBabel.

“Untuk tenggat waktu pengembalian uang pengganti sampai persidangan selesai. Jadi sebelum ada putusan pengadilan itu masih diperkenankan mengembalikan kerugian negara karena itu berdampak pada masa hukuman itu sendiri, apabila tersangka mengembalikan kerugian negara jadi pertimbangan pada persidangan,” terang Purnomo.

Diakui Purnomo bahwa Kejari PALI menelusuri aset-aset tersangka. “Saat ini kita menelusuri aset tersangka guna menutupi kerugian negara yang ditimbulkan akibat kegiatan itu,” tandasnya.

Baca juga  BSB Pendopo Salurkan Kredit KUR Super Mikro Kelompok Tani Desa Sungai Langan

Sementara itu, Tabrani kuasa hukum tersangka R bahwa kliennya kooperatif mengikuti aturan hukum dan memiliki rasa tanggung jawab dengan beritikad baik mengembalikan atau menitipkan uang pengganti.

“Itikad baik klien kami sebenarnya jauh-jauh hari telah dilakukan dengan menyetor atau menitipkan uang pengganti. Upaya kita saat ini tetap kooperatif. Untuk tenggat waktu pengembalian kerugian negara, pihak penyidik memberikan ruang dan kami tetap melakukan upaya persuasif karena klien kami belum terbukti menjadi pelaku yang mengakibatkan kerugian negara. Nanti di pengadilan akan dibuktikan,” katanya didampingi Novan Fadli.

Terkait penahanan tersangka R yang dibawa ke Lapas II B Muara Enim, Tabrani tetap menghormati proses hukum yang berlaku. “Masalah benar atau tidak, kan ada asas praduga tak bersalah. Tentunya kami akan menyiapkan upaya-upaya pembelaan di tahapan persidangan nanti. Apakah memang benar klien kami melakukan kesalahan seperti yang disangkakan,” pungkasnya. (Pd)

Foto: ketiga tersangka saat dibawa ke mobil untuk dikirim ke Lapas II B Muara Enim

Share :

Baca Juga

Barra Smart

Satlantas Polres PALI Sosialisasi Berlalu Lintas kepada anak- anak 

PALI

Tetap Semangat Ditengah Pandemi, Paskibraka PALI Sukses Kibarkan Sangsaka Merah Putih

PALI

Sempat Buron,Mantan Sekwan PALI Arif Firdaus Terpidana Korupsi Berhasil Diamankan 

PALI

Abaikan SOP, Pengerjaan Pembangunan Jembatan Beracung Bermasalah

Barra Smart

Gandeng Kelompok Tani, Pertamina Field Pendopo Perluas Program Penanaman Padi Organik hingga Sayuran 

PALI

Akses Menuju ke Sekolah Sulit Dilalui Siswa SMKN 1 Tanah Abang Tempuh Jalan Licin dan Berlumpur

DAERAH

Mengantisipasi Terjadinya Kecelakaan Berlalu Lintas Satlantas Dan Dishub PALI Survei Jalan Dua Arah

Ekonomi

Dinas PUPR PALI Kembali Realisasikan Luasan Jaringan Listrik di 6 Wilayah