Home / DAERAH / Internasional / Nasional / PALI / SUMSEL

Rabu, 6 Desember 2023 - 15:15 WIB

Peringatan Hari Disabilitas Internasional,Bupati PALI Heri Amalindo “Kami Ada Untuk Kalian”

teks/foto: Sentra Abiyoso Cimahi, sukses mengggelar peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dengan meriah di Kabupaten Penukal Abab Lematang (Ilir PALI), Selasa (5/12/2023).

PALI, BARRASUMSELCOM-Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Sentra Abiyoso Cimahi, sukses mengggelar peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dengan meriah di Kabupaten Penukal Abab Lematang (Ilir PALI), Selasa (5/12/2023).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Bupati PALI, Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM itu dipadati warga kabupaten PALI. Tidak hanya itu, tampak juga sejumlah warga dari Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Lahat turut hadir dalam kegiatan yang digelar di Aula Sanggar Pramuka, Bumi Perkemahan Simpang Raja, Kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi.

Agung Hendrawan, Kepala Sentra Abiyoso Cimahi usai kegiatan menceritakan bahwa kegiatan tersebut digelar dalam rangka puncak pelaksanaan peringatan HDI serta KKSN tahun 2023.

Dimana pada rangkaian kegiatan peringatan HDI, telah dilakukan sejumlah kegiatan sejak tanggal 2 Desember 2023 lalu. Mulai dari menggelar operasi bibir sumbing, operasi katarak, pembebasan pasung, penyaluran bantuan bagi korban bencana kebakaran di Kecamatan Tanah Abang, hingga penyaluran bantuan dan alat bantu bagi penyandang Disabilitas yang ada di wilayah kerja Sentra Abiyoso Cimahi, yaitu PALI, Muara Enim dan Lahat.

“Untuk kegiatan hari ini, diantaranya penyaluran alat bantu bentor kewirausahaan bagi penyandang Disabilitas. Kemudian menyalurkan kursi roda standar maupun kursi roda cerebral palsy,” ujar Agung.

Agung juga menuturkan dalam rangkaian puncak Peringatan HDI, digelar juga kegiatan donor darah, cek kesehatan gratis bagi warga. “Antusias warga luar biasa, baik yang mau cek kesehatan secara gratis maupun yang akan mendonorkan darahnya. Terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten PALI, Pemkab Muara Enim dan Pemkab Lahat yang telah mendukung kegiatan sehingga berjalan sesuai dengan harapan,” ujarnya.

Baca juga  Dibesarkan Serigala di Hutan Bocah Malang Ini Hanya Bisa Menggeram dan Melolong

Ia berharap kegiatan serupa bisa kembali digelar, sehingga bisa membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan. “Kegiatan ini akan terus digelar dengan harapan bisa membantu warga yang membutuhkan,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Bupati PALI, Heri Amalindo mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Sosial yang telah melaksanakan kegiatan tersebut di kabupaten PALI. Tentu ini suatu kehormatan bagi kami, dimana pada puncak Peringatan HDI, Kemensos RI hadir untuk memperingatinya bersama di Kabupaten PALI.

“Terimakasih kepada Kemensos RI yang telah memilih melaksanakan kegiatan di Bumi Serepat Serasan. Kami harap bapak ibu dari Sentra Abiyoso Cimahi kerasan, sehingga kembali menggelar kegiatan di Bumi Serepat Serasan,” kata Heri Amalindo.

Dalam kesempatan itu, Ia meminta kepada warga dan pemerintah, mulai dari RT, RW hingga kepala desa untuk mendata serta melaporkan bila ada anak yang menyandang disabilitas.

“Jangan malu bapak ibu sekalian. Itu bukanlah aib. Dengan dilaporkan itu, maka akan ada tindakan lebih lanjut kepada mereka (penyandang disabilitas, red). Mungkin bantuan alat bantu, kemudian bantuan yang lainnya. Sehingga muaranya adalah terjadi kesetaraan dengan masyarakat yang normal. Dan bagi penyandang disabilitas, untuk tidak perlu malu. Kami ada untuk kalian,” ungkap Heri.

Baca juga  Pemilihan Putra Putri SMAKER 2024 SMK YPIP PERIS PENDOPO Sukses di Gelar

Melalui kegiatan ini, tentu orang nomor satu di Kabupaten PALI itu berharap bisa mengurangi beban dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Tadi juga ada penyaluran bantuan dan alat bantu. Kami harap bantuan yang disalurkan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Serta bisa berguna untuk dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat khususnya penyandang disabilitas. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Sentra Abiyoso Cimahi, Kemensos Republik Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu, Wahyu Niriwan (56) penyandang disabilitas asal kabupaten Muara Enim, yang mendapat bantuan berupa bentor kewirausahaan mengaku sangat senang dan bahagia mendapat bantuan itu. Ia sebelumnya tidak pernah menyangka bakal mendapat bantuan itu.

“Senang, gembira seperti mendapat ketiban rezeki. Kami tidak pernah menduga sebelumnya pak. Dapat bentor untuk jualan, dapat juga kaki palsu dan dapat bantuan sembako,” terang pria yang kesehariannya merupakan petugas kebersihan yang mengambil sampah dengan menggunakan Bentor di wilayah Pelita Sari, Muara Enim.

Diceritakan mulanya Ia dipanggil camat Muara Enim. Kemudian diberitahu bahwa dirinya bakal mendapat bantuan. Mendengar itu dirinya langsung koordinasi dengan Dinas Sosial Muara Enim.

“Alhamdulillah pak, setelah itu kami kemudian datang ke PALI didampingi dari Dinsos Muara Enim. Kemudian pada kegiatan itu, kami mendapat bantuan itu. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Kementerian Sosial dan Pemkab Muara Enim serta Bupati PALI, Pak Heri Amalindo,” ucap kakek dari tiga orang cucu itu. (B4RR4)

Share :

Baca Juga

PALI

Terduga Tersangka Kasus Normalisasi Sungai Abab Kembalikan Uang Kerugian Negara

DAERAH

Abri Pemuda Asal Tempirai PALI Wakili Sumsel Pada Ajang Pemuda Pelopor Tingkat Nasional 

Insfiratif

KORMI PALI Dilantik //•Firdaus Hasbullah: KORMI hadir untuk mengenalkan kembali olahraga rekreasi yang sering dimainkan masyarakat

Ekonomi

Miris.!! Warga Transmigrasi Sungai Jelike Tempirai Selatan Telantar 

Insfiratif

Pertamina EP Prabumulih Field Raih Penghargaan Emas di Ajang CSR & PDB Awards 2023

Barra Smart

Desa Talang Bulang ,Salah Satu Desa Dapatkan Satu Unit Motor Dari BanGub

Insfiratif

Ajang Pemilihan Puteri cilik dan Puteri Remaja PALI 2022 di Gelar * Drs.Soemarjono: implementasi persiapan generasi muda untuk menjawab kebutuhan di Kabupaten PALI.

Kriminal

Curi Motor,Warga Tanjung Terang Dilumpuhkan Tim Elang