Home / DAERAH / PALI

Jumat, 25 Agustus 2023 - 20:35 WIB

Namanya Masuk DCS KPU, Petani Desa Benakat Minyak Optimis Maju Pada Pileg DPRD Kabupaten PALI 2024

foto/teks: Priyadi Sopiyan calon anggota legislatif DPRD Kabupaten PALI.

PALI, BARRASUMSEL .COM– Priyadi Sopiyan, seorang Petani Desa Benakat Minyak Kecamatan Talang Ubi, semangkin optimis maju sebagai calon anggota legislatif DPRD Kabupaten PALI, ketika namanya masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS) yang telah ditetapkan oleh KPU PALI pada Jum’at (18/8/2023) lalu.

Priyadi, sapaan akrab pria kelahiran Desa Benakat Minyak pada 12 Maret 1975 silam, merasa senang setelah berkas Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) yang diajukan telah memenuhi syarat.

“Legah, karena prosesnya cukup panjang, dan seleksi berat juga dari partai, melalui tes kesehatan dan sebagainya, “ujarnya Senin (21/8/2023).

Ia terdaftar dalam DCS KPU PALI untuk daerah pemilihan (Dapil) 2 nomor urut 4 dari Partai Golongan Karya (Golkar).

Priyadi bertekad maju pada Pileg 2024 mendatang karena ingin menjadi wadah aspirasi petani di wilayah Kabupaten PALI, terutama di Desa Benakat Minyak.

“Saya ingin menjadi wadah aspirasi para petani. Anggota legislatif harus aspiratif dan transformatif,”ungkapnya.

Ia menilai, potensi pertanian di Kabupaten PALI menjadi tanggung jawab anggota legislatif. Baik secara pribadi maupun kelembagaan.

Baca juga  Ajang Pemilihan Puteri cilik dan Puteri Remaja PALI 2022 di Gelar * Drs.Soemarjono: implementasi persiapan generasi muda untuk menjawab kebutuhan di Kabupaten PALI.

“Potensi pertanian harus dikembangkan, kepentingan petani harus dikawal oleh anggota DPRD secara pribadi, maupun secara kolektif. Itu visi yang akan saya perjuangkan nanti,” katanya.

Dalam kesehariannya sebagai petani, Priyadi juga merupakan ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Benakat Minyak.

Hal demikian sebenarnya menjadi tantangan baginya. Membuatnya terpanggil masuk ke politik.

Menurutnya, jalur inilah nantinya jalan untuk mengajak para petani dan pemerintah untuk bersama-sama mengembangkan pertanian.

Sebelum kembali ke kampung halamannya di Desa Benakat Minyak, sejak tahun 1996 silam, Priyadi sempat bekerja sebagai buruh di beberapa perusahaan di kota Tangerang selama 16 tahun.

Ia juga pernah menjadi pengurus Organisasi buruh Fedrasi Serikat Perkeja Metal (FSPMI). Namun Priyadi mengundurkan diri dan memilih menjadi Petani di Desa Benakat Minyak.

“Jenuh menjadi Buruh di Pabrik, pada tahun 2014 milih pulang kampung, disini saya menanam Padi Sawah, berkebun Karet dan Sawit, “tuturnya.

Selain aktif membina para petani, dia juga menjadi Pilot Projects pemanfaatan limbah kotoran ternak menjadi Biogas rumah tangga dan penerangan lampu gas.

Baca juga  " Ramadhan Berbagi " Kajari PALI Borong dan Bagikan Takjil

Ide inovasi tersebut didapatkan nya ketika sempat mengenyam pendidikan di Universitas Pelita Harapan Tanggerang.

“Dulu sempat kuliah di Universitas Pelita Harapan di Tanggerang sekitar tahun 2000, namun tak sampai selesai karena posisi sedang bekerja di perusahaan,”ungkapnya.

Dari situ Priyadi belajar bagaimana memanfaatkan limbah kotoran sapi menjadi biogas dan penerangan lampu gas yang diterapkannya di Desa Benakat Minyak dan kini sudah dimanfaatkan oleh beberapa warga.

Biogas yang berasal dari pengelolaan limbah kotoran sapi, ditangan Priyadi disulap menjadi sumber energi terbarukan, yang telah diresmikan oleh Bupati PALI Heri Amalindo pada (15/4/2020) lalu, untuk digunakan masyarakat.

Untuk mengkampanyekan dirinya sebagai Caleg, Priyadi juga kerap bersosialisasi ke kalangan petani dan masyarakat mulai dari bersosialisasi ke rumah-rumah bahkan ke kebun-kebun.

“Untuk memajukan sektor pertanian, dan dengan adanya dukungan dari masyarakat, saya optimis untuk maju pada Pileg DPRD Kabupaten PALI 2024 mendatang, “tandasnya. (B4RR4)

Share :

Baca Juga

PALI

Pipa Migas Pertamina Adera Field Resahkan Warga Dusun Talang Kampai 

Insfiratif

PSHT Cabang PALI Borong Gelar Juara Pada Kejurda Pencak Silat 

DAERAH

Evan Chandra Kades Mangku Negara Timur Komitmen Tidak Banyak Janji Tapi Bukti

DAERAH

Bupati Heri Amalindo Hadiri Rapat Paripurna DPRD PALI Terkait Pengesahan KUA PPAS TA 2024

PALI

Dinas kesehatan PALI Gelar Lomba Balita Sehat Indonesia Tingkat Kabupaten

DAERAH

Iip Fitriansyah Bantu Lampu Tenaga Surya Untuk Masyarakat 

DAERAH

Amazing.!! Anggota Koramil Talang Ubi PALI Patungan Bangun Rumah Warga Tak Layak Huni 

PALI

Siap Ramaikan Kancah Perpolitikan,DPD Golkar PALI Targetkan Lima Kursi Pada Pilkada 2024