Home / Insfiratif / PALI

Rabu, 19 Juli 2023 - 11:35 WIB

Kabupaten PALI Masuk Nominasi KKS 2023

foto/teks: Penilaian sebagai nominator KKS dilakukan tim verifikasi dari pusat secara virtual pada Selasa 18 Juli 2023

BARRASUMSEL.COM, PALI– Meski daerah baru, namun kabupaten dibawah kepemimpinan Dr Ir H Heri Amalindo MM, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terus menunjukkan prestasi baik tingkat provinsi maupun secara nasional.

Kali ini, PALI bersama empat daerah lainnya yang ada di provinsi Sumatera Selatan masuk nominator Kabupaten Kota Sehat (KKS) tingkat nasional.

Penilaian sebagai nominator KKS dilakukan tim verifikasi dari pusat secara virtual pada Selasa 18 Juli 2023.

Dimana verifikasi virtual dihadiri kepala OPD terkait dilingkungan Pemkab PALI dengan paparan disampaikan Wakil Bupati PALI Drs H Soemarjono,

Pada verifikasi virtual tersebut, tim pembina KKS dari provinsi menyampaikan bahwa di Sumatera Selatan pada verifikasi KKS diikuti 5 kabupaten kota termasuk kabupaten PALI.

“Yang mengikuti verifikasi KKS di Sumsel tahun 2023 ada 5 kabupaten. PALI sudah melakukan proses pembinaan dan saat ini masuk verifikasi virtual, harapan kami setelah verifikasi virtual bisa lolos ke verifikasi lapangan,” ucap perwakilan tim pembina KKS provinsi secara virtual.

Baca juga  Tuntut Hak Lembur, Puluhan Karyawan PT MMU Aksi Mogok Kerja

Tim pembina KKS juga berharap Wakil Bupati bisa menyampaikan paparan selengkap-lengkapnya kondisi PALI sehingga meyakinkan tim verifikasi dari pusat.

Sementara itu, Wabup PALI saat paparan menyampaikan bahwa sejak PALI menjadi daerah otonomi baru terus berupaya melakukan upaya-upaya agar kabupaten PALI bisa cepat sejajar dengan kabupaten/kota lain yang ada di Sumsel.

Hasilnya sudah bisa terasa saat ini, dimana dari indeks pembangunan manusia dari tahun ke tahun terus meningkat.

Angka kemiskinan perlahan menurun, Kemudian upaya mengurangi pengangguran secara umum alami penurunan dan pertumbuhan ekonomi terus meningkat.

“Dalam upaya mencegah penurunan stunting, kami terus kerja keras untuk mencapai target dari pemerintah pusat yakni tahun 2024 harus mencapai 14 persen. Tapi kami patut berbangga karena upaya penurunan stunting saat ini sudah mencapai 14,46 persen. Maka pada tahun 2024 mendatang, kita genjot kalau bisa mencapai 10 persen,” papar Wabup.

Baca juga  Siap Bertarung Pada DPRD Provinsi 2024 Mendatang Aka Cholik Darlin Maju Dari Partai PKB

Kemajuan lain berkaitan dengan kesehatan, Wabup juga menerangkan bahwa PALI beberapa kali sudah mendapat penghargaan baik tingkat provinsi maupun tingkat pusat.

“Tahun 2018 lalu, inovasi dari TP.PKK mendapat penghargaan daerah ODF (oven Defecation Free) melalui program SMS. Penghargaan lainnya tahun 2022 lalu, PALI meraih penghargaan sebagai daerah UHC, dimana masyarakat PALI terjamin dalam mendapat pelayanan kesehatan, serta masih banyak lagi penghargaan lainnya,” imbuhnya.

Dalam implementasi pelaksanaan untuk mencapai kabupaten sehat, Wabup menyatakan Pemkab PALI telah melakukan rapat bersama tim Pembina KKS, secara periodik hingga pembinaan desa sehat.

“Kami sering mengecek ke lapangan terkait implementasi pelaksanaan tercapainya kabupaten sehat agar terwujud dari tingkat kabupaten hingga desa. Harapan kami tentunya dalam penilaian ini, PALI bisa melangkah ke tahapan selanjutnya,” harapnya.(B4RR4)

Share :

Baca Juga

DAERAH

Viral Isu Dugaan Mark Up Pengadaan Mobil Operasional Desa.!! Ini Tanggapan FK2D PALI.

Ekonomi

Miris.!! Warga Transmigrasi Sungai Jelike Tempirai Selatan Telantar 

DAERAH

Amazing.!! Anggota Koramil Talang Ubi PALI Patungan Bangun Rumah Warga Tak Layak Huni 

Barra Smart

Bersinergi.!! Kapolres PALI Apresiasi Rekan Media Dalam Publikasi Giat Polres 

Kriminal

Berulangkali Melakukan Pencurian ,Sriwanto di Hadiahi Dua Timah Panas

DAERAH

Mengantisipasi Terjadinya Kecelakaan Berlalu Lintas Satlantas Dan Dishub PALI Survei Jalan Dua Arah

Insfiratif

Enam Personil Polres PALI Dapat Piagam Penghargaan

Ekonomi

Pertamina Pendopo Apresiasi Kegiatan Sedekah Bumi Desa Benakat Minyak