Home / Nasional

Selasa, 10 Agustus 2021 - 19:15 WIB

Himbauan Pemerintah,Cetak Sertifikat Vaksin Berbentuk Kartu Ternyata Bahaya

 

Barrasumsel.com-PALI

Banyak orang ramai-ramai mencetak sertifikat vaksin dalam bentuk kartu Belakangan ini, Sertifikat vaksin sendiri aslinya didapatkan secara online setelah mengikuti proses vaksinasi, yang bisa diunduh di website resmi Pedulilindungi.id

Alasan masyarakat memilih mencetak sertifikat vaksin berbentuk kartu, karna lebih mudah membawanya dapat disimpan di dalam dompet dan ditunjukkan saja. Pasalnya, bukti sertifikat vaksin wajib ditunjukkan di beberapa tempat. Tetapi, mencetak sertifikat dalam bentuk kartu nyatanya cukup berbahaya bagi kita.

Baca juga  Bupati Heri Amalindo Targetkan 2024 PALI ZERO Stunting 

Bukan tanpa alasan, mencetak sertifikat vaksin akan membuat datamu mudah dicuri. Seperti yang kita tahu, dalam sertifikat tersebut tersimpan nomor KTP dan QR Code yang juga memiliki data penting terkait vaksinasi Covid-19.

“Pemilik sertifikat vaksinasi Covid-19 perlu menyadari bahwa sertifikat tersebut menyimpan data pribadi seperti nomor KTP dan QR code yang berisi data pribadi lainnya,” ungkap juru bicara Kominfo Dedy Permadi.

“Kami mengimbau agar pemilik sertifikat vaksinasi Covid-19 dapat menjaga dengan baik data-data yang tersimpan di dalamnya,” tambahnya, dikutip dari Grid.

Baca juga  Dekranasda PALI Latih 6 Perajin Tenun Songket di Palembang

Untuk menghindari kebocoran data dari pencetakan kartu vaksin, ada baiknya kamu mencetak sendiri di rumah dengan dicetak biasa, lalu dilaminating atau disimpan dalam bentuk kertas. Apabila ingin lebih bagus, bisa dicetak sendiri dengan kertas foto.

Namun, jika tidak memiliki mesin pencetak kertas, cukup unduh srtifikat vaksin Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi.(Net)

Share :

Baca Juga

DAERAH

Bupati Heri Amalindo Hadiri Undangan Mendagri Tito Karnavian Pada Pelantikan Pj Gubernur Sumsel Agus Fathoni

Nasional

Adik Leo Bongkar Permintaan Dokter Mery Sebelum Kejadian Ayah, Ibu dan Kakak Laki-lakinya Dibakar Hidup-hidup

DAERAH

Tukar Sampah Dengan Tumbler Giat Dinas LH PALI Pada Peringatan HPSN 2024

DAERAH

Optimis Suara Prabowo -Gibran di PALI Raih 60%, Mawardi Yahya : kita Kerahkan serangan Lewat Udara dan Darat

Nasional

Devi Harianto Tidak Maju Pileg,Nyatakan Siap Maju Pilkada PALI 2024 

DAERAH

25 PPK Resmi Dilantik.// Sunario SE: Bekerjalah dengan Integritas Profesional dan Kompak, bersatu, bekerja bersama agar mendapatkan hasil yang baik untuk masyarakat PALI.

DAERAH

Bupati Heri Amalindo Targetkan 2024 PALI ZERO Stunting 

DAERAH

Hadiri Pelantikan IWO,  Bupati PALI  Ajak Wartawan Lebih Cerdas Memberikan Informasi