Home / Barra Smart / Insfiratif / PALI

Selasa, 16 November 2021 - 19:11 WIB

Gandeng Kelompok Tani, Pertamina Field Pendopo Perluas Program Penanaman Padi Organik hingga Sayuran 

Foto; Tanam Perdana padi SRI organik program pertanian sehat ramah lingkungan berkelanjutan (PSRLB)

Barrasumsel.Com_PALI- PT Pertamina Hulu Rokan Region 1 Zona 4 Pendopo Field,menggelar kegiatan Tanam Perdana padi SRI organik program pertanian sehat ramah lingkungan berkelanjutan (PSRLB) diatas lahan seluas lebih kurang 1,5 hakter yang dikelola kelompok tani binaan CSR Pertamina EP Pendopo Field. Selasa (16/11/21)

I Wayan Sumerta Senior Manager Pertamina EP Pendopo Field dalam sambutannya mengatakan program ini merupakan lanjutan yang telah di lakukan oleh CSR Pertamina.

“Ini merupakan cara kami memberikan pelatihan untuk petani agar memanfaatkan lingkungan yang bisa di jadikan pupuk organik. Agar tidak menggunakan lagi pupuk kimia.” Ungkap Wayan.

Baca juga  Tausyiah Ustad Abdul Somad "Bius" Masyarakat Kabupaten PALI

Di jelaskanya,  program CSR Petani ramah lingkungan ini sudah dilakukan dari tahun 2019.

“Ya, sejak tahun 2019 lalu Pertamina EP Pendopo Field Pendopo telah melakukan program Petani ramah lingkungan ini, awalnya kita melakukan CSR Petani Sehat ini di Jirak, Talang Akar, Benakat, dan hari ini kita melakukan tanam perdana di Kelompok Tani Rejo Mulio di Kecamatan Talang Ubi.” jelasnya.

Sementara itu, Dwi Permatasari Anggota Kelompok Tani Rejo Mulio Binaan Pertamina EP Field Pendopo mengucapkan terimakasih di berikan pelatihan yang di berikan pertamina dalam memanfaatkan lingkungan yang bisa di jadikan pupuk organik.

“Alhamdulillah setelah di berikan pelatihan pemanfaatan lingkungan untuk dijadikan pupuk organik kami bisa menambahkan ilmu dalam pertanian,  padi, sayuran,  dan tanaman ramuan obat-obatan.” ujarnya.

Baca juga  Miskomunikasi.!! Perseteruan Bank Sumsel Babel Cabang PALI Dengan Ketua IWO PALI Akan di Selesaikan Secara Kekeluargaan

Ia juga menerangkan,  pada hari ini kami setalah pelatihan langsung melakukan tanam perdana yang di fasilitasi juga oleh Pertamina Pendopo.

“Setelah lima hari kami di latih cara memanfaatkan lingkungan untuk di jadikan pupuk organik, cara menanam yang baik. Dan lahan yang kami gunakan untuk penanaman ini juga milik Pertamina. Setelah penanaman pada hari ini panennya bakal di tahun depan bulan Februari mendatang.” tuturnya.

Tampak hadir,  dalam tanam perdana itu,  Kepala Dinas Pertanian Ahmad Joni, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bakrin, Koramil PALI. (Ass).

Share :

Baca Juga

DAERAH

Siti Aminah (Mimin) Caleg Partai Gelora No Urut 3 DPRD PALI Siap Perjuangkan UKM Masyarakat 

Barra Smart

HUT PALI ke-10, PWI PALI Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah

DAERAH

Namanya Masuk DCS KPU, Petani Desa Benakat Minyak Optimis Maju Pada Pileg DPRD Kabupaten PALI 2024

Insfiratif

Ratusan Peserta Antusias Ikuti Lomba Festival Seni Islami

PALI

Pangkas Anggaran Media, Bappeda PALI Abaikan Kesejahteraan Pelaku Media 

Insfiratif

Tingkatkan Mutu dan Kualitas Inovasi Daerah, Balitbangda PALI Gelar Sosialisasi IGA 2023

PALI

Ratusan Peserta PKD Kecamatan Talang Ubi Ikuti Tes Wawancara Pemilu 2024

DAERAH

Meriahkan HUT RI ke-78 Bacaleg Pendri Nuryadi “Ateng” Gelar Lomba Berhadiah