Home / PALI

Selasa, 18 Juli 2023 - 14:08 WIB

Dinas kesehatan PALI Gelar Lomba Balita Sehat Indonesia Tingkat Kabupaten

Foto: foto bersama Plt. KaDinkes PALI dengan para pemenang

BARRASUMSEL.COM,PALI- Dengan mengusung tema Generasi Cerdas Untuk Menuju PALI Cemerlang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar Lomba Balita Sehat Indonesia Tingkatan Kabupaten, Selasa (4/7/2023) bertempat di Guest House Rumah Dinas Bupati PALI.

Kegiatan yang diikuti oleh 18 peserta dari sembilan puskesmas yang ada di kabupaten PALI itu dihadiri oleh Bupati PALI, DR. Ir. H. Heri Amalindo, MM yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Masyarakat, Drs. Kusmayadi.

Selain itu, turut hadir juga Plt. Kepala Dinkes (Kadinkes) PALI, dr. Zamir Alvi, SH MHKes, perwakilan dari Bappeda kabupaten PALI, serta perwakilan Puskesmas di kabupaten PALI dan sejumlah undangan.

Dalam sambutannya, Plt. Kadinkes PALI mengatakan peserta terdiri dari dua kategori, yakni balita usia 6 bulan sampai dengan 23 bulan dan usia 2 tahun sampai dengan 5 tahun.

Baca juga  Akan Membangun Daerah.!! Junaidi Anuar Caleg Gerindra, Siap Tampung Aspirasi Masyarakat

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan perlombaan balita sehat dilakukan setahun sekali.

“Perlombaan ada enam point mulai dari tes berat badan, tes psikologi, tes kebersihan dan kerapian gigi, tes inisiasi, tes kecerdasan anak dan lain-lain. Sementara untuk juri berasal dari Dinas Kesehatan, RSUD Talang Ubi dan IBI PALI,” ungkapnya.

Plt. Kadinkes PALI juga menuturkan peserta yang meraih juara satu akan diikutsertakan ke Lomba Balita Sehat tingkat Provinsi Sumsel.

“Siapa pun yang terpilih nanti semoga dapat membawa nama kabupaten PALI lebih baik lagi ditingkat balita cerdas sehat dan terampil,” ujarnya.

Tujuan dari digelarnya kegiatan tersebut, selain untuk meningkatkan kecerdasan dan kemampuan balita juga diharapkan bisa mengurangi angka stunting di kabupaten PALI.

“Karena kegiatan ini merupakan salahsatu program penurunan angka stunting di kancah nasional,” tuturnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati PALI, Kusmayadi mengapresiasi kegiatan yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten PALI.

Baca juga  Tuntut Hak Lembur, Puluhan Karyawan PT MMU Aksi Mogok Kerja

“Ini kegiatan yang sangat bermanfaat dan bisa melahirkan balita yang cerdas, sehat, terampil. Dengan perlombaan ini balita yang masih usia dini dapat berkembang baik dimasa mendatang apalagi nanti akan dibawa keprovinsi untuk ikut bertanding,” tukasnya.

Dari pantauan media ini di lapangan, dua Kategori yang dilombakan para pemenang diantaranya, Kategori usia 6-23 bulan, yakni Juara 1 Balita Elzio dengan Nilai 1172 asal Puskesmas Air Itam.

Kemudian juara 2 diraih oleh Hanindia Nadira dengan nilai 1167 asal Puskesmas Karta Dewa. Serta Juara 3 diraih oleh Arneta Faulusia dengan nilai 1104 asal Puskesmas Tempirai.

Sementara untuk kategori usia 2-5 tahun, Juara 1 diraih Ahmad Ahtara dengan nilai 1130 asal Puskemas Sungai Baung. Juara 2 diraih Ariansyah Darma dengan torehan nilai 1097 asal Puskesmas Air Itam. Serta Juara 3 diraih oleh Nakha Zayhsn dengan nilai 1068 asal Puskesmas Tempirai. (B4RR4)

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Kapolres PALI Ajak Masyarakat PALI Bersinergi Ciptakan Situasi Aman dan Kondusif

DAERAH

Bupati Heri Amalindo Targetkan 2024 PALI ZERO Stunting 

Kriminal

Dalam 3 Bulan Polres PALI Ungkap 5 Kasus Curat 

Barra Smart

MENUMBUHKAN KEMBALI NUANSA ISLAMI di BULAN SUCI RAMADHAN //* Koramil Talang Ubi Gelar Festival Seni Islami

PALI

Jembatan Desa Semangus Semakin Mengkhawatirkan *Pengguna Jalan harus ekstra hati-hati

Barra Smart

230 Orang Peserta Ikuti KPDK yang Di Gelar Kwarcab Pramuka PALI

Kriminal

Curi Motor,Warga Tanjung Terang Dilumpuhkan Tim Elang 

Nasional

SAH di Tetapkan.!! PALI Menjadi 6 Dapil Berdasarkan PKPU Nomor 6 Tahun 2023