Home / DAERAH / Ekonomi / Insfiratif / Nasional / PALI / SUMSEL

Jumat, 8 Desember 2023 - 11:28 WIB

Dekranasda PALI Latih 6 Perajin Tenun Songket di Palembang

foto/teks: Perajin tenun songket dari kabupaten PALI saat pelatihan rumah songket Bellazi di Lorong sawahTanggo Buntung Kelurahan 3O Ilir Kecamatan Ilir Barat II Kota Palembang Sumatera Selatan,

PALI, BARRASUMSEL.COM– Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), berikan pelatihan kepada 6 pengrajin tenun songket dari Bumi Serepat Serasan.Kamis (30/11/23).

Kegiatan yang dilaksanakan di rumah songket Bellazi di Lorong sawahTanggo Buntung Kelurahan 3O Ilir Kecamatan Ilir Barat II Kota Palembang Sumatera Selatan,dibuka secara langsung oleh ketua Dekranasda Kabupaten PALI Ir.Hj Sri Kustina Heri Amalindo yang diwakili oleh ketua harian Dekranasda Brisvo Diansyah ST MM,Kamis (30/11/23)

Dalam sambutannya Ketua Dekranasda PALI berpesan kepada peserta agar dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga nantinya akan berdampak positif terutama memiliki keterampilan dan dikembangkan dengan membuka kerajinan songket sendiri dikemudianhari.

Baca juga  Via Online,Kejari PALI Siap Lelang 38 Unit Kendaraan Roda Dua dan 4 Unit Kendaraan Roda Empat

“Kepada peserta supaya dapat mengikuti kegiatan ini secara tekun dan sabar selama 8 hari, dan juga nantinya setelah pelatihan ini diharapkan peserta dapat menghasilkan tenunan songket yang berkualitas dan bisa bersaing ditingkat nasional pada ajang promosi, pameran dan juga perlombaan,” kata Brisvo.

Sementara itu Muhaimin pemilik rumah songket Bellazi mengucapkan terimakasih karena rumah songket miliknya sudah di percaya menjadi  tempat para pengrajin kain tenun songket asal kabupaten PALI untuk berlatih.

“Alhamdulillah Rumah Songket Ballezi di percaya untuk tempat pengrajin PALI mendapatkan pelatihan,”Kata Muhaimin.

Menurut Muhaimin dirinya tidak akan merasa kesulitan dalam memberikan pelatihan dikarenakan peserta sudah memiliki basic.

“Para peserta sudah memiliki basic dalam tenun songket sehingga tidak begitu sulit bagi kami dalam memberikan pelatihan,tinggal kami memberikan transfer ilmu yang belum mereka dapati dari pelatihan sebelumnya,”ucapnya.

Baca juga  SKK Migas-Pertamina Hulu Rokan-Mitra Binaan CSR Sinergi Berbagi Sembako *Bantu Masyarakat Terdampak PPKM

Salah satu peserta pelatihan kain songket Rana Mayasari mengatakan dirinya bersyukur mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan kain songket.

“Menenun kain songket itu tidaklah mudah,banyak tahapan-tahapannya.Kalau sebelumnya kita dilatih cara menenun kainya kali ini diajari bagaimana membuat motif songketnya”ucap peserta termuda ini.

Tak lupa dirinya mewakili peserta lainnya mengucapkan terimakasih kepada Ketua Dekranasda PALI Ir Hj Sri Kustina telah memberikan kesempatan mengikuti pelatihan kain songket.

“Terimakasih Ibu sri,semoga ilmu yang kami dapat ini mampu kami kembangkan di PALI,”tutupnya.

Pelatihan tersebut mengusung tema Koordinasi,Sinkronisasi dan Pelaksanaan Pemberdayaan Industri dan Peran Serta Masyarakat Tahun 2023 (Pelatihan Songket).(B4RR4)

Share :

Baca Juga

Kriminal

Biadab.!!Terbakar Cemburu Bocah Tak Berdosa Disiksa Hingga Meregang Nyawa

DAERAH

Sepi Pembeli, Omset Perajin Batu Bata di PALI Menurun //Dampak Musim Kemarau Kesulitan Air  Bersih dan Terkendala Pemasaran 

Barra Sport

Atlet PWI PALI ” PACAK” Siap Borong Emas Pada Porseniwada Prabumulih 

Ekonomi

Sulap Lokasi Remaja Mabuk Obat Batuk Cair jadi Camping Ground di kawasan Simpang Lima Kabupaten PALI 

DAERAH

Resmi Beroperasi Jalan Khusus Batubara, PT GEI Telah Melakukan Banyak Hal Untuk Masyarakat

SUMSEL

PT.MPC Jawab Tuntutan Demo Warga PMP dan Bersedia Akomodir Tenaga Kerja Sesuai Kebutuhan

PALI

Dinkes PALI Terima Kunker DPRD Sumsel

DAERAH

Kampanye Dialogis Anggota DPRD Sumsel H.Syamsul Bahri Serap Aspirasi Masyarakat PALI.