Home / PALI

Rabu, 15 Maret 2023 - 19:31 WIB

Bapenda PALI Gelar Penyuluhan dan Penyebarluasan Kebijakan Pajak Daerah

foto/teks: foto bersama

OPD Hingga Kades Diminta Ajak Warga Untuk Bayar Pajak

BARRASUMSEL.COM, PALI– Untuk meningkatkan kesadaran wajib pajak untuk membayar pajak, Badan Pendapatan Daerah Kabupaten PALI, menggelar penyuluhan dan penyebarluasan kebijakan pajak daerah untuk meningkatkan penerimaan pendapatan daerah, Rabu (15/3/2023) bertempat di Guest House Bupati PALI.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati PALI, DR. Ir. H. Heri Amalindo, MM yang diwakili Asisten 2 Setda PALI, Rusdi, S.Sos MAp itu dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Kades dan Lurah lingkup Pemerintah Kabupaten PALI.

Selain itu, dihadirkan juga sejumlah narasumber yang berasal dari KPP Pratama, Kantor Pos Indonesia hingga dari Bapenda Provinsi Sumsel.

Dalam keterangannya, Plh. Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten PALI, Khairiman didampingi Kabid Pengendalian dan Evaluasi Pajak Daerah, Hajida Maisyiah mengatakan bahwa tujuan digelarnya kegiatan tersebut tentunya untuk menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak.

Baca juga  Gelar Operasi Pasar Murah, Disperindag PALI Akan Distribusikan 10 Ribu Paket Sembako

“Selain itu, untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas-tugas pokok Bapenda PALI. Serta nantinya bisa meningkatkan Pajak Asli Daerah kabupaten PALI,” ungkapnya.

Mantan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) kabupaten PALI itu juga menerangkan, pihaknya dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga akan melakukan kerjasama dengan sejumlah pihak, diantaranya Kantor Pos Indonesia, BPN, dan sejumlah perbankan.

“Harapan kita, peserta yang hadir para camat, kades, lurah hingga kepala OPD bisa membantu Pemkab PALI, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya membayar pajak untuk pembangunan Bumi Serepat Serasan,” pungkasnya.

Sementara itu, Asisten 2 Rusdi menerangkan bahwa peningkatan pendapatan daerah merupakan tanggung jawab bersama.

Baca juga  Polda Sumsel Bentuk Kampung Tangguh Anti Narkoba dan Anti Radikalisme di PALI

“Maka dari itu marilah kita bersama-sama berupaya semaksimal mungkin untuk mencapai target yang telah ditetapkan,” ucapnya dalam sambutan saat membuka acara secara resmi.

Ia juga berharap adanya tunggakan PBB-P2 baik di perdesaan maupun perkotaan bisa segera dibayar.

“Pada tahun 2023 piutang PBB-P2 akan bertambah lagi dan lagi sampai tahun-tahun berikutnya apabila tidak kita selesaikan dari sekarang. Untuk itu mohon kerjasamanya seluruh perangkat, dari desa, lurah camat hingga OPD agar bisa meningkatkan pendapatan asli daerah kabupaten PALI,” tukasnya.

Adapun target PAD tahun 2023 sebesar Rp 23.885.650.000,- yang terdiri dari sebelas mata pajak antara lain: pajak hotel, restoran, katering, hiburan, reklame, penerangan jalan, parkir, sarang burung walet, galian C, PBB dan BPHTB. (B4RR4)

Share :

Baca Juga

Nasional

Serahkan Berkas Pendaftaran Bacaleg, Partai Nasdem TargetKan 4 Kursi Di Pemilihan DPRD 2024 Mendatang

DAERAH

25 PPK Resmi Dilantik.// Sunario SE: Bekerjalah dengan Integritas Profesional dan Kompak, bersatu, bekerja bersama agar mendapatkan hasil yang baik untuk masyarakat PALI.

Insfiratif

Ajang Nasional ENSIA Award 2022 Pertamina Pendopo Field Berhasil Raih Platinum

PALI

Aswin Markosuma Kades Terpilih Raja Resmi di Lantik

DAERAH

Viral Isu Dugaan Mark Up Pengadaan Mobil Operasional Desa.!! Ini Tanggapan FK2D PALI.

PALI

Syukuran Pemboran Sumur Migas BNG A-2 Field Adera Gelar Sosialisasi dan Bantuan Sembako

DAERAH

Caleg DPRD PALI Fendri Nuryadi Berikan Bantuan Sumur Bor Untuk Warga Talang Baru

PALI

Siap Ramaikan Kancah Perpolitikan,DPD Golkar PALI Targetkan Lima Kursi Pada Pilkada 2024