Home / Uncategorized

Rabu, 1 September 2021 - 00:04 WIB

Awas Tertipu! Begini Cara Bedakan Madu Asli dan Palsu

net.ilustrasi madu

Barrasumsel.Com_PALI
Melansir dari Healthline, madu memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti zat flavonoid dan polifenol.
Senyawa ini berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, terlebih di tengah pandemi saat ini. Maka tak heran jika kehadiran madu sangat dicari di pasaran.karena Madu adalah salah satu pengobatan alami yang sudah dibuktikan sejak dahulu kala.

Namun disayangkan, banyak madu yang tidak benar-benar murni alias palsu yang beredar di pasaran. Madu palsu memiliki rasa yang mirip dengan madu asli, tapi tidak dengan kandungan gizinya.

Biasanya produsen madu palsu menambahkan sirup jagung dengan kandungan fruktosa tinggi, dekstrosa dan molase. Ditambah lagi prosesnya yang menggunakan suhu tinggi, bisa menurunkan bahkan menghilangkan nilai gizi yang terkandung dalam madu asli.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mudah membedakan madu asli dengan madu palsu yang bisa kamu lakukan sendiri.

1. Memanaskan madu
Untuk membedakan madu asli dan palsu, kamu bisa memasak madu dengan menggunakan sendok. Caranya, tuang madu ke sendok lalu panaskan sendok tersebut diatas lilin.

Baca juga  Pertamina Pendopo Cepat Tanggap Atasi Kebocoran Pipa Desa Suka Damai

Madu yang asli tidak mengeluarkan buih busa dan akan membentuk karamel, sedangkan madu palsu akan mengeluarkan busa. Hal ini dikarenakan madu palsu ada campuran lain seperti gula dan air.

2. Membekukan madu
Cara kedua untuk membedakannya, kamu bisa memasukkan madu ke dalam freezer dan lihat hasilnya. Madu yang asli tidak akan membeku meski disimpan didalam freezer. Berbeda halnya dengan madu palsu, ia akan membeku karena sudah ada campuran air dan lainnya.

3. Meneteskan madu
Selanjutnya dengan cara meneteskan madu ke kertas kosong. Caranya teteskan madu pada sebuah kertas dan lihat apa yang terjadi pada kertas tersebut. Madu yang asli tidak membuat kertas tersebut mudah robek, sedangkan madu palsu akan membuat kertas menjadi mudah robek.

4. Menggunakan korek api
Cara yang paling sering digunakan yakni dengan menggunakan korek api. Cukup dengan melumuri korek api kayu dengan madu, lalu nyalakan korek tersebut. Madu yang asli akan membuat korek api masih menyala. Namun jika korek api mati maka bisa dipastikan madu tersebut palsu.

Baca juga  Pertamina Pendopo Siap Bantu Perbaikan Jembatan Rusak Desa Semangus

5. Melarutkan madu kedalam gelas
Ambil sesendok madu dan tuangkan ke dalam gelas berisi air. Jika madu tersebut mudah larut dalam air, maka madu itu adalah palsu. Sebaliknya jika madu sulit larut dan mengendap di bawah gelas, maka madu itulah yang asli.

6. Menggunakan cuka
Cara lainnya, kamu bisa menggunakan larutan cuka untuk mengecek keaslian madu. Campurkan sesendok madu dan 2-3 tetes sari cuka. Jika campuran ini berbusa, maka kemungkinan besar madu yang kamu beli adalah palsu.

7. Menggoyangkan botol madu
Cara yang paling mudah adalah dengan menggoyangkan botol madu. Jika madu bergerak lambat maka bisa dipastikan madu tersebut adalah asli. Madu yang asli memiliki tekstur yang sangat kental. Sedangkan madu palsu, akan cepat bergeraknya karena kandungannya sudah dicampur air.(NET)

Share :

Baca Juga

Familly

Lupa Alamat Rumah, Kakek Masili Nyasar Bawa Emas dan Uang Ratusan Juta Rupiah

PALI

Akses Menuju ke Sekolah Sulit Dilalui Siswa SMKN 1 Tanah Abang Tempuh Jalan Licin dan Berlumpur

Uncategorized

ASA* PENERUS BANGSA PADA KURIKULUM MERDEKA*

PALI

Aswin Markosuma Kades Terpilih Raja Resmi di Lantik

Uncategorized

Pertamina Pendopo Cepat Tanggap Atasi Kebocoran Pipa Desa Suka Damai

PALI

Jalan Penghubung Desa Harapan Jaya dan Purun Timur Sudah di Aspal

PALI

Diduga Cemarkan Nama Baik dan Sebar Fitnah, Kades Tambak Terpilih Terancam Dipidana

Barra Smart

Rusak dan Berlubang.!!Jalan Talang Baru di Perbaiki