Home / Barra Smart / Insfiratif / PALI / SUMSEL

Sabtu, 23 September 2023 - 09:45 WIB

Apriengga SP,PPL Asal PALI Jadi Inovator Terbaik Pertama di Sumsel

foto/teks: Apriengga SP,(tengah), PPL Asal PALI Jadi Inovator Terbaik Pertama di Sumsel

Palembang. Apriengga SP, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) berhasil dinobatkan menjadi inovator terbaik pertama di provinsi Sumatera Selatan kategori Penyuluh bidang Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Peternakan.

Penganugerahan sebagai inovator terhadap Engga, sapaan keseharian pria yang bekerja sebagai PPL di wilayah kecamatan Tanah Abang tersebut diberikan langsung Gubernur Sumatera Selatan pada Jum’at malam, 22 September 2023 di Griya Agung Palembang.

Atas prestasi tersebut, lagi-lagi nama kabupaten PALI pimpinan Dr Ir H Heri Amalindo MM semakin dikenal luas dan tak lagi dipandang sebelah mata meski pun PALI usianya masih seumur jagung.

“Penghargaan ini bukan milik saya pribadi tetapi milik masyarakat PALI. Dan atas diraihnya penghargaan ini berkat dukungan masyarakat PALI terutama pak Bupati Heri Amalindo,” ucap Engga setelah acara penganugerahan inovator Sumsel tahun 2023.

Baca juga  SAH di Tetapkan.!! PALI Menjadi 6 Dapil Berdasarkan PKPU Nomor 6 Tahun 2023 

Ditambahkan Engga bahwa atas capaian tersebut menjadi pemacu bagi dirinya untuk terus melakukan inovasi untuk mendukung pembangunan di Kabupaten PALI.

“Penghargaan ini tidak serta merta membuat saya berbesar hati, namun menjadi penambah semangat saya untuk berinovasi. Saya juga berharap kedepan ada banyak warga PALI lainnya yang bisa menjadi inovator terbaik di tingkat provinsi bahkan tingkat nasional,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Balitbangda Kabupaten PALI Khairiman menyebut bahwa Engga telah melakukan terobosan dibidang penyuluh Pertanian, Perkebunan,  Perikanan dan Peternakan.

“Penganugerahan tersebut setelah melalui beberapa tahapan yang dilakukan Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan dengan tim juri independen profesional dari beberapa instansi. Penghargaan ini tentu menjadi kebanggaan masyarakat kabupaten PALI,” terang Khairiman.

Untuk inovasi yang diinisiasi Engga, dikemukakan Khairiman adalah

SYIRKAH SUPPER (Solusi Permodalan Petani Berkah).

Baca juga  Atasi Krisis Air Bersih,Pemerintah Desa Benuang Bangun Sumur Bor

“Inovasi itu merupakan suatu konsep kemitraan dalam usaha tani yang memadukan antara aspek manajemen agribisnis dengan aspek spiritual,” jabarnya.

Diketahui bahwa penganugerahan inovator tersebut dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) yang telah melakukan seleksi penerima penghargaan inovator Sumatera Selatan tahun 2023 dengan 16 kategori.

Dari seleksi tersebut, tim juri telah menjaring 87 inovator yang mendapat penghargaan dari Gubernur Sumatera Selatan.

Pada acara penganugerahan tersebut, hadir dari kabupaten PALI staff ahli bidang hukum, politik dan pemerintahan Dra Yenni Nopriani yang mewakili Bupati Heri Amalindo, Kepala Balitbangda Kabupaten PALI Khairiman serta penerima penghargaan, Epriengga.

Selain Engga yang mendapat anugerah Inovator terbaik pertama kategori Penyuluh bidang Pertanian, juga dari kategori petani inovatif, petani asal Rejosari kelurahan Talang Ubi Utara meraih inovator terbaik harapan dua.(B4RR4,Tim)

Share :

Baca Juga

Barra Smart

Dinas Lingkungan Hidup PALI Gelar Pembinaan Sekolah Adiwiyata

PALI

Siap Bertarung Pada DPRD Provinsi 2024 Mendatang Aka Cholik Darlin Maju Dari Partai PKB

Ekonomi

Gandeng Kelompok Tani Pertamina Pendopo Panen Raya Padi Sri Organik ** I Wayan Sumarta: lebih sehat,hemat dan menguntungkan

PALI

KKKS Pertamina EP Adera Field Serahkan Bantuan Pembangunan Masjid Al-Muttaqin

PALI

Keluarga Almarhum Paridin Ucapkan Terimakasih ke Polres PALI 

DAERAH

Seluruh Desa Di PALI Dapat Mobil Operasional.!! Ini Pesan Bupati Heri Amalindo

DAERAH

Cepat Tanggap.!! Pertamina EP Adera Field Sigap Tangani Kebocoran Pipa di Benuang

PALI

KNPI PALI Akan Turunkan Tim Ahli Atas Dugaan Pencemaran Lingkungan Oleh PT.SLR