Home / Ekonomi / PALI

Kamis, 9 Maret 2023 - 14:05 WIB

Akan Jadi Pusat Perekonomian Desa, PUTR PALI Bangun Pasar Rakyat Desa Sungai Baung 

foto/teks: bangunan pasar kalangan di desa Sungai Baung Kecamatan Talang Ubi.

BARRASUMSEL.COM, PALI– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melalui dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), telah membangun pasar kalangan baru di desa Sungai Baung Kecamatan Talang Ubi.

Pembangunan pasar kalangan ini bertujuan memindahkan pasar kalangan lama yang berada ditengah pemukiman warga dan infrastrukturnya belum memadai, baik dari lahan parkir dikarenakan apabila pasar kalangan lama beroperasi menganggu dan menghambat akses jalan desa.

“Pasar lama itu berada di tengah pemukiman dan apabila ada kegiatan jual beli sangat menganggu aktifitas lalu lintas jalan desa dan tidak ada akses parkir,” ungkap Rosidi warga Sungai Baung.

Desa Sungai Baung merupakan salah satu daerah di PALI, yang dilalui akses jalan lintas menuju Musi Rawas Linggau. Disamping akses jalan yang dahulu masih berlumpur bahkan sulit dilalui, namun sekarang akses jalan sudah memadai, sehingga lalu lintas sudah mulai aktif.

Baca juga  Wabup PALI Tinjau Gorong-gorong Jebol dan Tanggapi Keluhan Masyarakat //kita tampung, kita kaji dan Secepatnya akan ditindaklanjuti.

Adapun pasar desa atau kalangan yang baru di bangun ini menggunakan Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) Kabupateb PALI tahun 2022 sebesar Rp. 497.407,- (Empat Ratus Sembilan Puluh Tujuh Juta Empat Ratus Tujuh rupiah).

Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Ristanto Wahyudhi mengatakan dengan pembangunan pasar kalangan ini dapat bermanfaat dan berharap menjadi pusat perekonomian baru di desa Sungai Baung.

“Tolong dijaga dan dirawat, semoga bermanfaat,” ujar Kadin PUTR PALI.

Lanjut Ristanto, desa Sungai Baung merupakan salah satu daerah di PALI, yang dilalui akses jalan lintas antar Provinsi (PALI – Muras). Disamping akses jalan yang dahulu masih berlumpur bahkan sulit dilalui, namun sekarang akses jalan sudah memadai.

Dengan akses jalan yang bagus, sehingga lalu lintas sudah mulai aktif. Pemkab. PALI melalui Dinas PUTR terus membangun infrastruktur penunjang, salah satunya pasar di desa Sungai Baung yang mudah diakses masyarakat desa maupun masyarakat diluar Kabupaten yang mengunakan jalur jalan lintas ini.

Baca juga  Curi Motor,Warga Tanjung Terang Dilumpuhkan Tim Elang 

Ditempat terpisah Kepala Desa Sungai Baung Andi saat di konfirmasi awak media mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kab. PALI serta dinas PUTR yang telah membangun infrastruktur seperti pasar kalangan beserta jalan cor beton menuju pasar kalangan.

Andi menjelaskan kembali, bahwasannya lokasi pasar lama sempit dan berada ditengah pemukiman dan dirinya berharap pembangunan jalan menuju pasar kalangan tahun depan tetap dilanjutkan dikarenakan masih banyak yang belum dicor dan pada saat musim hujan masih becek.

“Sekali lagi selaku Pemerintahan Desa Sungai Baung mengucapkan terima kasih kepada Pemkab. PALI, Dinas PUTR, DPRD PALI, mudah – mudahan pemimpin Kab. PALI selalu diberikan kesehatan. Aamiin,” tandas Kades.(Tim/B4RR4)

Share :

Baca Juga

DAERAH

Mengantisipasi Terjadinya Kecelakaan Berlalu Lintas Satlantas Dan Dishub PALI Survei Jalan Dua Arah

PALI

Cepat Tanggap,!! Medco E&P Berhasil Tangani Pipa Bocor Akibat Vandalisme di Desa Spantan Jaya

Ekonomi

DPC Partai Demokrat PALI Bagikan Ratusan Paket Sembako

PALI

Pertanyakan Anggaran Kehumasan, Puluhan Wartawan Geruduk Kantor Bupati PALI

Barra Smart

Raih Suara Terbanyak Yusri Qolbi Terpilih Jadi Kades Kota Baru

PALI

Bupati PALI Lantik SekDa Depenitif  *Kartika Yanti. SH.MH orang pertama di Indonesia dari kalangan Jaksa menjadi Sekda

PALI

Bikin Resah,!!! Tiga Begal Gasak Motor IRT

PALI

Jalan Penghubung Desa Harapan Jaya dan Purun Timur Sudah di Aspal