Home / Ekonomi / PALI

Kamis, 9 Maret 2023 - 14:05 WIB

Akan Jadi Pusat Perekonomian Desa, PUTR PALI Bangun Pasar Rakyat Desa Sungai Baung 

foto/teks: bangunan pasar kalangan di desa Sungai Baung Kecamatan Talang Ubi.

BARRASUMSEL.COM, PALI– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melalui dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), telah membangun pasar kalangan baru di desa Sungai Baung Kecamatan Talang Ubi.

Pembangunan pasar kalangan ini bertujuan memindahkan pasar kalangan lama yang berada ditengah pemukiman warga dan infrastrukturnya belum memadai, baik dari lahan parkir dikarenakan apabila pasar kalangan lama beroperasi menganggu dan menghambat akses jalan desa.

“Pasar lama itu berada di tengah pemukiman dan apabila ada kegiatan jual beli sangat menganggu aktifitas lalu lintas jalan desa dan tidak ada akses parkir,” ungkap Rosidi warga Sungai Baung.

Desa Sungai Baung merupakan salah satu daerah di PALI, yang dilalui akses jalan lintas menuju Musi Rawas Linggau. Disamping akses jalan yang dahulu masih berlumpur bahkan sulit dilalui, namun sekarang akses jalan sudah memadai, sehingga lalu lintas sudah mulai aktif.

Baca juga  Dinkes PALI Gelar Pelatihan Pembinaan dan Pengawasan SDM Nakes 

Adapun pasar desa atau kalangan yang baru di bangun ini menggunakan Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) Kabupateb PALI tahun 2022 sebesar Rp. 497.407,- (Empat Ratus Sembilan Puluh Tujuh Juta Empat Ratus Tujuh rupiah).

Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Ristanto Wahyudhi mengatakan dengan pembangunan pasar kalangan ini dapat bermanfaat dan berharap menjadi pusat perekonomian baru di desa Sungai Baung.

“Tolong dijaga dan dirawat, semoga bermanfaat,” ujar Kadin PUTR PALI.

Lanjut Ristanto, desa Sungai Baung merupakan salah satu daerah di PALI, yang dilalui akses jalan lintas antar Provinsi (PALI – Muras). Disamping akses jalan yang dahulu masih berlumpur bahkan sulit dilalui, namun sekarang akses jalan sudah memadai.

Dengan akses jalan yang bagus, sehingga lalu lintas sudah mulai aktif. Pemkab. PALI melalui Dinas PUTR terus membangun infrastruktur penunjang, salah satunya pasar di desa Sungai Baung yang mudah diakses masyarakat desa maupun masyarakat diluar Kabupaten yang mengunakan jalur jalan lintas ini.

Baca juga  Tidak Sesuai SOP, Pengerjaan Line Pipa Minyak Milik PT. Pertamina EP Zona 4 Pendopo Field Ancam Keselamatan

Ditempat terpisah Kepala Desa Sungai Baung Andi saat di konfirmasi awak media mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kab. PALI serta dinas PUTR yang telah membangun infrastruktur seperti pasar kalangan beserta jalan cor beton menuju pasar kalangan.

Andi menjelaskan kembali, bahwasannya lokasi pasar lama sempit dan berada ditengah pemukiman dan dirinya berharap pembangunan jalan menuju pasar kalangan tahun depan tetap dilanjutkan dikarenakan masih banyak yang belum dicor dan pada saat musim hujan masih becek.

“Sekali lagi selaku Pemerintahan Desa Sungai Baung mengucapkan terima kasih kepada Pemkab. PALI, Dinas PUTR, DPRD PALI, mudah – mudahan pemimpin Kab. PALI selalu diberikan kesehatan. Aamiin,” tandas Kades.(Tim/B4RR4)

Share :

Baca Juga

DAERAH

Cepat Tanggap.!! Pertamina EP Adera Field Sigap Tangani Kebocoran Pipa di Benuang

Nasional

Dinkes PALI Terima Tim FKM Unsri Tata Kelola Program Kesehatan

DAERAH

Siti Aminah (Mimin) Caleg Partai Gelora No Urut 3 DPRD PALI Siap Perjuangkan UKM Masyarakat 

Insfiratif

Polda Sumsel Bentuk Kampung Tangguh Anti Narkoba dan Anti Radikalisme di PALI

DAERAH

Resmi Beroperasi Jalan Khusus Batubara, PT GEI Telah Melakukan Banyak Hal Untuk Masyarakat

PALI

Malam Ramah Tamah Pemkab PALI Dengan Jajaran Polres PALI Berlangsung Penuh Keakraban 

PALI

Wow !! Masih Ada 60 Titik Sumur Ilegal di PALI?? *Kapolres PALI: Jika masih ada kegiatan sumur ilegal kita akan tindak tegas tanpa pandang bulu

DAERAH

Mengantisipasi Terjadinya Kecelakaan Berlalu Lintas Satlantas Dan Dishub PALI Survei Jalan Dua Arah